Sunday 25 April 2010

Tips Ganti Font Pada Symbian 60 3rd Edition (S60v3)

I've tried it on my Nokia E63 and it greatly WORKS!!!

Screenshots:





Pertama, pastikan dahulu bahwa tipe hp mu mendukung s60v3 dan ingat versi Feature Pack (FP) Anda, untuk mengeceknya klik disini

What you need is:
1. Hp bersymbian 60 3rd edition tentunya.
2. Aplikasi FontRouter (untuk hp yang belum dihack harus disigned terlebih dahulu)
3. Aplikasi FontRouter Manager
4. Aplikasi Xplore
5. Font dengan format *.ttf

Download:
- FontRouter disini
- FontRouter Manager v1.06, disini (untuk FP1) atau disini (untuk FP2)
- Xplore disini

Oh iya, untuk font nya, nanti pada bagian terakhir aja baru saya kasih..^^

Sekarang, cara signed aplikasi FontRouter buat hp yang belum dihack (untuk hp yang sudah dihack, dikelangin aja step ini ^^):
1. Buka situs ini
2. Isi kolom IMEI dengan IMEI hp Anda. (Cek IMEI Anda dengan ketik *#06# pada hp Anda)
3. Masukkan email Anda. (masukkan dengan benar ya.. jangan sampe salah)
4. Pada kolom Application, klik tombol disamping kolom dan cari aplikasi FontRouter yang telah Anda download sebelumnya.
5. Isi kolom Image Verification dengan benar
6. Centang view legal agreement
7. Klik send
8. Tungguin aja.. Nanti Anda akan mendapat email yang berisi link untuk download aplikasi yang udah disigned.
9. Aplikasi itulah yang nantinya Anda instal ke hp Anda.

NB: Bingung dengan cara di atas? Anda dapat meminta bantuan saya untuk mensigned aplikasi tersebut. Caranya send kode IMEI Anda ke email saya di edwinyang10@gmail.com dan beritahu saya dengan meninggalkan komentar dibawah. ^^

Cara instalasi:
1. Instal FontRouter di E: (microSD) Anda.
2. Buka Xplore
3. Buat folder baru di C:\data dengan nama fonts
4. Buka E:\data\fonts, cari file dengan nama FontRouter.ini
5. Move-kan file FontRouter.ini ke C:\data\fonts (folder yang baru dibuat tadi..)
6. Hapus folder fonts yang ada di E:\data\fonts
7. Copy fonts dengan format *.ttf ke microSD Anda. (terserah mau ditaruh ke mana...)
8. Instal FontRouter Manager di E: (mSD) Anda
9. Jalankan program FontRouter Manager
10. Klik Option>Open Font
11. Arahkan ke font file yang Anda inginkan
12. Selesai!!
13. Lho?? Koq tidak terjadi apa-apa? Tenang.. Tinggal restart hp Anda dan font Anda telah berubah.. Congratzz...

Sumber : Kaskus

Oh iya..hampir lupa...
tentang font nya...
Sebenarnya berjuta-juta font tersebar di dunia maya.. Untuk mendapatkannya, Anda tinggal search aja di google. Selain itu, Anda juga dapat mengambil font yang uda ada dalam komputer Anda di C:\WINDOWS\Fonts..
Tapi...
Sebagian besar dari font tersebut tidak dapat membaca bahasa asing (seperti mandarin dan jepang) dan logo-logo yang ada dalam hp Anda tidak akan terbaca dengan sempurna, jadi saya sarankan Anda untuk menggunakan font buatan Kaskuser dibawah ini.
Kelebihan dari font dibawah ini adalah : support bahasa Mandarin, support banyak logo..
(credit for bro ihint, vriend80, dan bruno06)

Font Blackberry
screenshots:



download here
password : bagicendoldonk

Font ComicSans
screenshots:

download here
Settingan pada FontRouter Manager
ZoomRatio : 93
Yadjust : +5

Font Cocaino
screenshots:

download here
password : bagicendoldonk
ZoomRatio : 100
Yadjust : +5

Font Birthday
screenshots:

download here
ZoomRatio : 93
Yadjust : +5

Font YaheiMyriad
screenshots:



download here
ZoomRatio : 93
Yadjust : +4

Font TypeWriter
screenshots:



download here
ZoomRatio : 93
Yadjust : +3

Font Kabob
screenshots:



download here
ZoomRatio : 93
Yadjust : +5

Font Cartoon (recommended.. ^^)
screenshots:

download here
ZoomRatio : 93
Yadjust : 5

UPDATE
Mohon maaf, saat ini situs symbiansigned.com sedang bermasalah, jadi cara di atas tidak dapat diterapkan untuk sementara waktu..Update selanjutnya akan dilakukan secepatnya.

40 comments:

  1. kira2 jalan ga' di N70 gw??

    ReplyDelete
  2. @rofii; saya bantu bro edwin jawab deh.. seharusny sic bisa, soalnya N70 jga trmasuk s60v3.. ;)

    ReplyDelete
  3. exactly correct velly.. ^^
    thanks atas bantuannya..

    ReplyDelete
  4. cukup jelas gan..thx infonya..nice..haha

    ReplyDelete
  5. ga bisa tuh signed aplikasi Font Routernya..

    "FAILURE: Submitted .sis file uses a UID that is in protected range and is not allocated to the account holder matching this email address (0x20009f35)"

    kenapa yah tuh kira2?

    ReplyDelete
  6. @adit: kata2 itu muncul di komp ato hp?
    pada saat u lakukan step yg mana muncul tlsn ini?

    ReplyDelete
  7. di komputer Win.. pas mau signed aplikasi Font Routernya.. step 1-7 udah beres.. nah pas gua send keluarlah tulisan tadi.. any idea?

    ReplyDelete
  8. oh..
    gitu ya??
    mmm...
    Application yang bro Adit browse itu dalam bentuk apa?
    apakah dalam bntuk .sis ga bro?
    coba dicek dulu bro..
    smoga brhasil.. ^^

    ReplyDelete
  9. aplikasi Font Router, iya udah dalam format .sis
    ga tau deh, ga bisa2.. anyway thanks for your help..

    ReplyDelete
  10. gitu ya bro adit?
    mau saya bantu signed gak?
    send aja imei kmu ke email saya...
    hehe...
    sama2...^^

    ReplyDelete
  11. mas edwin.. bntuin saya yahh,,
    saya uda coba berkali2.
    ttap ga bsa jg,,, imei sya kirim k email mas edwin yahh,,
    makasii..

    ReplyDelete
  12. mase..
    hikz, aq gg bisa signed appx niy..
    sm kea mas adit itw low, udh berkali2 mpe bego aq nyoba tetep gg bs, hikz..

    bantuin aq ya mas? ntr taq krim imei q k imelx mase ^^

    mohon bantuanx ^^

    ReplyDelete
  13. kalo ga disigned lgsg instal di hp bisa gak?

    ReplyDelete
  14. maap semuanya~
    sekarang situs symbiansigned lagi error nii... >.<

    jadi untuk sementara waktu ga bisa dipake cara diatas...

    btw, ada yang tertarik utk ngeHACK hp ga?
    kalo ada, tar saya post artikel ttg cara hack hp..=)

    ReplyDelete
  15. kalo udah di hack hpnya tapi situs symbiansigned nya masih error berarti tetep ga bisa ganti font ya? Intinya gua cuman pengen ganti font sih mas Win.. hahaha..

    ReplyDelete
  16. @adit: bisa bro..
    kalo hp da dihack, otomatis smua aplikasi ga usah disigned lagi..
    hehe...

    ReplyDelete
  17. waahh mau dong.. ada artikelnya ga? heheheh.. makasih lagi yaa..

    ReplyDelete
  18. boss biar tau hp udah disigned gmn ??maap gaptek gw..thx

    ReplyDelete
  19. Ko Edwin..gimana car ny bikin normal lagi font ny ??? thx

    ReplyDelete
  20. @adit : sabar yahh...saya buat deh secepatnya...sama2..

    @anonim : yg disigned itu bkn hpny tp aplikasinya..hehe.. sama2..

    @bobby : tinggal buka aplikasi fontrouter manager, disable-kan aj FontrouterMan nya..hehe...

    ReplyDelete
  21. oke...thx bro...btw tapi klo font nya kecil2 y ??? bisa di besarin ga size ny ??? thx

    ReplyDelete
  22. o ya?
    tinggal digedein aja nilai ZoomRatio nya...
    hp apa ni ngmg"? =)

    ReplyDelete
  23. tolong bantuin sign symbian ku yaa . udah aku kirim emailnya

    ReplyDelete
  24. Tuk HP Nokia N73 bisa nda pake aplikasi ini..
    Makasih slomx nich ats ilmux..
    nda pa2 kah klw d bgi k orng yg laen lg..
    he..he..he..

    ReplyDelete
  25. @shaleh: seharusnya si bisa...hehe..
    sama2...gpp kq, pasti saya bagiin, keep watching pal..hehe..

    ReplyDelete
  26. maap br bls...hp gw nokia n95..udah bisa boss...thx...tapi habis ganti font kok buat opera harus di update dulu y...lama lage..ama klo hp konek k pc via data transfer (buka pc suite) g bisa...emang gtu y ??

    ReplyDelete
  27. ok.. ^^
    opera nya bkn diupdate kq, tp opera menyesuaikan font hp kamu dgn font opera, iya, emank agak lama, tp gag kena biaya akses inet kq..
    bisa kq pny saya...hehe

    ReplyDelete
  28. ehmm...tapi pas nyesuaikan kok tiba2 restard sendiri y ??udah gw coba brapa x gtu mulu....
    masak sih bisa...jangan2 hp lu bukan nokia...coz tmn gw juga rata2 bis ganti font g bisa konek k pc klo g pake pc suite...

    ReplyDelete
  29. bro, kmu pke nokia tipe ap nii?
    saya pke e63 lancar2 aj kq... ^^

    ReplyDelete
  30. nokia n95..ada tulisan klo harus close aplikasi...pdhl sbelum gw lum instal g ap...bisa instal baru muncul gtu mulu.....

    ReplyDelete
  31. lho??
    kq bisa gitu yaa?
    mmm..
    sejauh ini di hp saya ga pna alamin kaya gitu dehh...
    coba tes uninstall truz instal lgi..

    ReplyDelete
  32. bos gue punya E71,sdh ikutin step yang suruh masukin email dsb, trus muncul kek gini
    "FAILURE: Submitted .sis file uses a UID that is in protected range and is not allocated to the account holder matching this email address (0x20009f35)"
    gue cek email jg kgk ada,
    bantuin yow...

    ReplyDelete
  33. @jojo: iya tuh..website symbiansigned lg ad problem ni, da lama pun.. >.<
    ni saya lagi cari cara laennya, tar klo da bisa, saya post lg ke sini, dtg lg yaa..
    thnkyou very much.. =)

    ReplyDelete
  34. di tunggu good news-nya

    ReplyDelete
  35. utq pembuatan certificate, q saran kan pke web cer.opda.cn/en, wkt yg d perlukan 2 hari :)

    ReplyDelete
  36. ide bgus tu..
    bole dicoba yg laen.. =)
    thx alon3z.. =)

    ReplyDelete
  37. tolong saya untuk mensigned aplikasiFontRouter dan Aplikasi FontRouter Manager. Datanya udah saya kirim ke email. Terima kasih

    ReplyDelete
  38. waduh...! kayaknya susah mas broo sekarang bikin cert. & key di opda. saya sudah daftar hampir sebulan tapi belum kelar2. kalo bisa saya minta tolong di buatin cert, & key nya mas brooo siapa tahu kalo mas broo yang buatin di opda bisa lebih cepet.
    ni IMEI saya :357024041639369
    n kalo berhasil tolong di email-kan ke sini k.kung73@yahoo.com
    terima kasih.

    ReplyDelete
  39. hi edwin,saya minta bantu,kebanyakan hp simbyn gak ada b.mandrin,jd ada gak apps bwt b.mandarin??

    ReplyDelete
  40. Mas Edwin terima kasih atas infonya, HP Saya Nokia N95 dan saya minta tolong mohon dikirm aplikasi FontRouter yang sudah di signed untuk HP saya. Nomr IMEI HP saya sudah dikirm ke email Mas Edwin. terima kasih atas bantuannya.
    email saya: nenk.hasanah@gmail.com

    ReplyDelete