Saturday 16 October 2010

Ekskusif : Enam Tips Dari Defoe Mengenai Cara Menendang Yang Baik

Dari pengambilan posisi hingga aksi menipu kiper, striker mematikan Spurs dan tim nasional Inggris ini membagi kiatnya mencetak gol kepada FourFourTwo.

Dari pengambilan posisi hingga aksi menipu kiper, striker mematikan Spurs dan tim nasional Inggris ini membagi kiatnya mencetak gol kepada FourFourTwo.

http://www.part-timepundit.com/wp-content/uploads/2009/11/jermain-defoe-adidas-F50i-silver-black-red.jpg


Berikut enam panduan Jermain Defoe untuk meningkatkan kemampuan tendangan dalam permainan sepakbola.


1. Membidik

http://newsimg.bbc.co.uk/media/images/46791000/jpg/_46791690_defoe.jpg

QuickTip: Lepaskan tendangan rendah

Jermain says: “Yang terpenting adalah menyasar dengan tepat, itulah yang selalu dikatakan Wrighty (baca: Ian Wright-red) kepada saya. Kiper akan mengalami kesulitan ketika kita membidik ke arah pojok bawah—satu hal yang selalu saya latih setiap hari. Ketika berlatih, saya memastikan bolanya berputar seperti pada laga sebenarnya, kemudian menendang. Kondisi jadi lebih realistik; sama seperti dalam pertandingan. Anda jadi terbiasa untuk bergerak lebih cepat dalam hitungan detik dan itu sangat penting.”

2. Tipuan

http://nimg.sulekha.com/sports/original700/jermain-defoe-nilolay-mihaylov-2010-9-3-17-0-45.jpg

QuickTip: Buat kiper mati langkah

Jermain says: “Salah satu cara terbaik menaklukkan kiper adalah dengan melepaskan tendangan dini. Jika Anda melepaskan tendangan dini, ia (baca: kiper-red) tidak akan punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum bola masuk ke gawang. Ada trik lain. Saat berdiri di tengah gawang, saya akan menggeser bola ke satu arah, lalu menembak ke arah lain karena bila saya bergerak ke kanan dan menembak ke kiri dalam satu gerakan, kiper akan mati langkah dan mudah-mudahan gol akan tercipta.”

3. Lolos dari jebakan off-side

http://i.telegraph.co.uk/telegraph/multimedia/archive/01467/jermain-defoe_1467224c.jpg

QuickTip: Tetaplah di sisi kanan pertahanan lawan

Jermain says: “Salah satu kunci untuk tetap tidak off-side adalah dengan melakukan pergerakan bagus dan menarik pemain belakang keluar dari posisi. Bek tengah tidak suka bertahan terlalu dalam atau bergerak melebar, tapi bila Anda dapat menggerakkan mereka dengan masuk ke belakang garis pertahanan, situasi akan jadi lebih mudah karena mereka tidak lagi berada pada satu garis lurus.”

4. Satu-lawan-satu

http://i.thisislondon.co.uk/i/pix/2010/02/defoe-goal3_415.jpg

QuickTip: Tetap tenang.

Jermain says: “Anda harus percaya diri dan tetap tenang. Bila tidak, Anda akan melakukan sentuhan yang tidak biasa Anda lakukan atau terburu-buru menendang. Anda mungkin ingin menipu kiper lewat tatapan mata (melihat ke satu arah dan menembak kea rah yang berlawanan-red). Yang saya lakukan adalah menunggu dia membuat gerakan. Dengan cara ini, jika ia mulai keluar untuk menghambat atau menerkam ke arah kaki, Anda dapat mengelabuinya.Namun, untuk melakukan itu, Anda harus tetap tenang.”

5. Mengonversi sepak pojok jadi gol

http://newsimg.bbc.co.uk/media/images/48157000/jpg/_48157435_new_defoe_goal640.jpg

QuickTip: Selalu siaga

Jermain says: “Yang terpenting adalah waktu yang tepat: itu kunci gol saya saat melawan Slovenia di Piala Dunia. Anda harus bergerak ke arah paling tepat di kotak penalti saat bola datang. Untuk melakukan ini, lagi-lagi Anda mesti mengenal rekan setim Anda. Saya tahu Aaron (Lennon-red) suka menendang bola melintasi tiang gawang. Jadi saya mesti ada di sana. Saya pernah berkata kepadanya: ‘Jika kau mengoper ke tiang dekat, saya tidak akan ada disana!!’."

6. Dorong lawan ke belakang

http://cdn.picapp.com/ftp/Images/e/9/e/5/spurs_Jermaine_Defoe_d5eb.jpg?adImageId=12752809&imageId=7246054

QuickTip: Posisikan bek lawan di belakang Anda.

Jermain says: “Yang penting adalah kekuatan dan upaya membuat tubuh Anda berada di depan bek lawan. Terkadang saya mencoba menarik sedikit kaus lawan atau menggertaknya supaya ia tahu saya ada di sana. Ketika berkesempatan menyontek bola, saya berusaha menahan bek lawan (dengan cara menekankan punggung saya ke dadanya) serta mencoba mendorongnya ke belakang. Dengan begitu, tercipta jarak antara bek lawan dan bola sehingga saya punya waktu untuk melepas umpan atau tembakan.


Materi referensi: FourFourTwo & Tabloid BOLA dengan perubahan

1 comment: