Friday 2 July 2010

Ulasan & Prediksi Pertandingan Belanda vs Brazil

Lama tak membuat ulasan, akhirnya karena kurang kerjaan, saya kembali membuat ulasan partai Big Match antara Tim Kincir Angin, Belanda melawan Tim Samba, Brazil. Partai ini akan dipastikan seru karena filosofi menyerang yang dimiliki kedua tim. Seperti apa ulasannya? Yuk.. kita lihat di bawah ini... ^^

http://www3.pictures.zimbio.com/gi/Mercurial+Vapor+Superfly+II+Boot+Launch+cyvUhS52Algl.jpg
Inset: Brazil (kelima dari kiri, kuning/biru) akan berhadapan dengan Belanda (keempat dari kanan, putih/biru) malam ini (2/7) pukul 21.00 WIB.

Hari, tanggal : Jumat, 2 Juli 2010
Waktu : 21.00 WIB
Tempat : Stadion Nelson Mandela Bay, Port Elizabeth (capacity: 45071)


Ulasan Pertandingan
Belanda adalah salah satu yang memainkan sepakbola dengan baik, tapi belum pernah menjadi juara dunia. Jika ingin memenangkannya kali pertama di Afrika Selatan, mereka harus lebih dulu mengalahkan Brasil -- juara lima kali.

Sebelum menghadapi Brasil di Port Elizabeth, Belanda harus lebih dulu menyelesaikan konflik internalnya. Brasil mulai terobsesi menjadi negara pertama yang meraih trofi Piala Dunia di empat benua.

Brasil tiga kali memenangkan Piala Dunia di benua Amerika; Cili 1962, Meksiko 1970, dan AS 1994. Sekali di Eropa; Swedia 1958, dan Asia; Korea/Jepang 2002.

Sebelum fokus mengejar obsesi itu, Brasil ingin lebih dulu mengejar semifinal ke-11 di Piala Dunia. Sedangkan Belanda ingin meraih semifinal kali kedua sejak 1998.

Brasil menghentikan langkah Belanda di perempat final Piala Dunia 1994, dengan mengalahkannya 3-2. Empat tahun kemudian Brasil mengubur mimpi Belanda mencapai final kali ketiga lewat adu penalti.

Bagi pemain Brasil, pertemuan dengan Belanda seharusnya terjadi di final, bukan saat ini. Robinho menyebut ini pertemuan klasik sepakbola.

Carlos Dunga, pelatih Brasil, tidak ingin melihat hasil laga timnya atas Belanda di masa lalu. Rekor Belanda saat ini jauh lebih baik, dengan tak terkalahkan di 23 laga terakhir.

"Kami tahu Belanda adalah tim tersulit yang akan kami hadapi," kata Dunga.

"Gaya bermain mereka relatif sama dengan sepakbola Amerika Latin. Mereka tidak bermain bertahan, dan mengandalkan bola-bola panjang," lanjutnya.

Belanda, masih menurut Dunga, memiliki kualitas teknis. Brasil siap menghadapinya.

Belanda mencapai perempat final dengan mengalahkan Slovakia 2-1, dalam laga tak menyakinkan. Arjen Robben mencetak gol pembuka, dan menjadi indikasi winger Bayern Munich telah benar-benar siap berlaga di level tertinggi.

Johan Cruyff, legenda sepakbola Belanda, mengkritik gaya bemain Oranje. Menurutnya, Belanda kehilangan total football dan sepakbola indah.

Gelandang Mark van Bommel mengatakan; "Kami ingin memainkan sepakbola indah, tapi tidak selalu bisa. Yang penting saat ini adalah kami bisa mencapai perempat final. Kami tahu apa yang sedang kami lakukan."

Pelatih Bert van Marwijk dibuat sibuk dengan pertikaian Wesley Sneijder dan Robin van Persie. Striker Arsenal itu beranggapan bahwa seharusnya Sneijder yang harus diganti saat melawan Slovakia, bukan dirinya.

Van Marwijk ingin menyelesaikan masalah ini sebelum laga melawan Brasil. Masalah lainnya adalah menambal lini belakang yang rapuh, dan membuat Maarten Stekelenburg jatuh bangun menyelamatkan gawangnya dari gempuran pemain Slovakia.

Di kubu Brasil, Dunga kemungkinan tidak bisa memainkan tiga gelandangnya; Elano, Ramires, dan Felipe Melo, yang mengalami cedera dan terkena larangan berlaga.

Sumber : GOAL Indonesia

Plus Minus
http://www.igol.pl/images/federations/knvb.png
(+) Tidak ada pemain yang cedera.
(+) Performa Arjen Robben yang tengah on-fire.
(+) Berhasil memenangkan seluruh pertandingan PD sampai sekarang.
(-) Lini belakang relatif rapuh.
(-) Konflik internal yang belum terselesaikan.
(-) Catatan head-to-head yang buruk saat melawan Brazil, 6 kali bertemu, 4 seri, 2 kemenangan Brazil.

http://hylr4isbelajar.files.wordpress.com/2010/01/logo-tim-sepakbola-brazil.png
(+) Tim bermental juara.
(+) Unggul head-to-head mutlak atas Belanda.
(-) Elano diragukan dapat tampil.
(-) Kelemahan terletak pada sisi kiri dengan Bastos yang lebih condong menyerang.

Pemain Kunci


Arjen Robben (Belanda)
Winger klub Bayern Muenchen ini akan menjadi senjata utama Belanda dalam mengobrak-abrik pertahanan Brazil dengan kecepatan dan teknik olah-bolanya. Main dua kali dalam PD kali ini, ia menunjukkan kelasnya dengan mencetak 1 gol. Mengingatkan saya bagaimana ia menyisihkan Manchester United dengan gol telat yang dicetaknya. http://msnsmileys.net/p/smileys/Popo/Cry.png

ROBINHO
Robinho (Brazil)
Pemain lincah asal Negeri Samba ini sampai sejauh ini tampil bagus di Afsel. Berbekal teknik dan kecepatan, serta kemampuannya melewati pemain belakang tim lawan, tentunya akan mengundang perhatian ekstra bagi pelatih Belanda untuk memikirkan cara untuk menghentikannya.

Prediksi
Tentunya pertandingan akan berlangsung dengan alot dan dengan tensi tinggi, sehingga takkan heran jika terjadi banjir kartu di lapangan. Prediksi saya, Brazil akan mengalahkan Belanda dengan skor tipis, yaitu 3-2.

No comments:

Post a Comment